Ir. JONNI SYAH R. PURBA, MKes

Jl. 28 Oktober Komp. Poltekkes B1 Pontianak

Rabu, 07 November 2012

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, POLA MAKAN, DAN BESAR UANG SAKU TERHADAP KEBIASAAN MAKAN FAST FOOD PADA ANAK REMAJA SMU NEGERI 3 PONTIANAK.


HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, POLA MAKAN, DAN BESAR UANG SAKU TERHADAP KEBIASAAN MAKAN FAST FOOD PADA ANAK REMAJA SMU NEGERI 3 PONTIANAK.
(Ir. Jonni Syah R Purba, M.Kes,   Shelly Festilia Agusanty, S.Gz, Suaebah, S.Gz)

v + 34 halaman, 11 tabel,  3 lampiran

ABSTRAK

Perubahan gaya hidup terutama kebiasaan makan ini tampaknya dipengaruhi oleh status social, ekonomi, pendidikan dan pengetahuan, pekerjaan dan lingkungannya serta kebiasaan yang ditanamkan, sejak usia muda. Perubahan kebiasaan makan ini dipercepat oleh makin kuatnya arus budaya makanan asing. Apalagi remaja merupakan golongan yang mudah terpengaruh oleh lingkungannya dan salah satu cirri khas remaja adalah senang dan mudah meniru perbuatan yang dapat meningkatkan gengsi lingkunganya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pengetahuan Gizi, Pola Makan, dan Besar Uang Saku Terhadap Kebiasaan Makan Fast Food Pada Anak Remaja SMU Negeri 3 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden yang dimbil adalah sebanyak 67 orang yang merupakan siswa-siswi SMU Negeri 3 Pontianak kelas XI dan XII.
Responden dalam penelitian ini laki-laki sejumlah 34,3% dan perempuan 65,7%. Dan kisaran umur16 – 17 tahun. Berdasarkan TB/U  status gizi responden sebagian besar normal sebanyak 75%. Berdasarkan IMT status gizi responden sebagian besar normal sebanyak 95,5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan gizi yang baik sebagian besar pada yang jarang konsumsi makanan fast food. Siswa yang banyak uang saku terdapat pada siswa yang sering mengkonsumsi fast food yaitu 56,8%. Sedangkan pola makan yang kurang terdapat pada yang sering konsumsi makanan fast food yaitu 52,1%.
Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan gizi, uang saku dan pola makan terhadap kebiasaan konsumsi fast food. Dari analisis multivariat diperoleh hasil bahwa factor yang paling dominan terhadap kebiasaan makan fast food adalah uang saku didukung pola makan yang baik.  Disarankan pada siswa SMU Negeri 3 Pontianak perlu meningkatkan informasi tentang gizi khususnya dampak produk fast food melalui penyuluhan.


Kata kunci : remaja, fast food
Sumber bacaan : 16 (1987 – 2008)

1 Komentar:

Blogger Unknown mengatakan...

selamat pagi pak.
saya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta nama Nur Khasanah. saya inin bertanya apakah ada kuesionernya tentang judul tersebut pak ?
penelitian saya juga tentang fast food pada remaja, mohon bantuannya untu referensi kuesioner pak.

4 Desember 2013 pukul 12.55  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda